Cari Blog Ini

Kamis, 12 November 2009

Kualifikasi Panahan Porda Jabar

BANDUNG, (PRLM).- Babak kualifikasi Pekan Olah Raga Daerah (Porda) XI/2010 Jawa Barat cabang panahan akan digelar 29 November sampai 7 Desember mendatang di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung. Sekretaris Umum Pengprov Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Jabar Asep Gumilar mengungkapkan, akan ada tiga ronde yang dipertandingkan pada babak kualifikasi tersebut, yaitu ronde FITA, ronde nasional, dan ronde tradisional. Masing-masing ronde akan mempertandingkan nomor perorangan dan beregu.

Asep menjelaskan, atlet panahan yang lolos kualifikasi pada tiap-tiap ronde akan berbeda. Untuk ronde FITA putra perorangan, yang akan lolos klasifikasi adalah rangking satu sampai 26, plus enam dari tuan rumah. Sedangkan untuk FITA putra beregu yang akan lolos adalah rangking satu sampai empat, plus satu regu tuan rumah. Sementara untuk FITA putri perorangan, yang akan lolos rangking satu sampai sepuluh, plus enam dari tuan rumah. FITA putri beregu, rangking satu sampai empat, plus satu regu tuan rumah.

Untuk ronde nasional putra perorangan, yang akan lolos adalah rangking satu sampai 58, plus enam dari tuan rumah. Ronde nasional putra beregu, rangking satu sampai delapan, plus satu regu tuan rumah. Sementara ronde nasional putri perorangan, rangking satu sampai 26, plus enam dari tuan rumah. Ronde nasional putri beregu, rangking satu sampai enam, plus satu regu tuan rumah.

Lebih lanjut Asep memaparkan, ronde tradisional putra perorangan, yang akan lolos rangking satu sampai 20, plus enam dari tuan rumah. Ronde tradisional putra beregu, rangking satu sampai empat, plus satu regu tuan rumah. Sedangkan untuk ronde tradisional putri perorangan, rangking satu sampai 12, plus enam tuan rumah. Terakhir, untuk ronde tradisional putri beregu, rangking satu sampai empat, plus satu regu tuan rumah.

"Untuk tuan rumah semua jenis ronde dan nomor, kalau jumlahnya tidak mencapai enam, tidak apa-apa. Semuanya disesuaikan dengan kondisi yang ada saja," kata Asep, seusai rapat Pengprov Perpani, di Gedung KONI Jabar, Jln. Pajajaran Bandung, Senin (25/10).

Terkait ketentuan jarak, menurut Asep, ada perbedaan di setiap ronde. Untuk ronde FITA jarak yang ditentukan 2x70 meter, nasional 30 meter, 40 meter, serta 50 meter, dan untuk tradisional 2x40 meter. Selain itu, ada pembatasan usia atlet yang berhak mengikuti babak kualifikasi, yaitu maksimal 27 tahun. Khusus untuk ronde FITA dan tradisional, maksimal usia atletnya 40 tahun, tapi hanya boleh satu sampai dua atlet saja.

Diposkan oleh : Herdian
Diambil dari : http://www.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=news.detail&id=106301

Tidak ada komentar:

Posting Komentar